Sakit telinga adaalah hal yang amat menyakitkan, entah itu pada anak-anak atau orang dewasa. Pastinya, aktivitas Anda tidak ingin terganggu dengan adanya rasa sakit itu.

Otak menyugesti agar Anda harus segera menyingkirkan perasaan itu. Alih-alih menggunakan antibiotik, ternyata ada cara yang alami.

Tak ada salahnya mencoba memanfaatkan bawang putih sebagai alternatif penyembuhan.

Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi meletakkan satu siung bawang putih atau meneteskan minyak bawang putih di telinga bisa meringankan rasa sakit tersebut.

Bawang putih memiliki khasiat penyembuhan yang menakjubkan, karena bersifat antibakteri dan antivirus.

Senyawa dalam bawang putih membantu melawan bakteri jahat atau virus di telinga bagian dalam, sedangkan kandungan antiseptiknya bekerja menghambat penyebaran infeksi.

Alternatif alami ini jauh lebih baik dari antibiotik yang memang seharusnya dihindari.

Antibiotik tidak sungguh-sungguh bisa membantu menyembuhkan Anda dari infeksi telinga. Infeksi semacam ini biasanya disebabkan oleh virus, yang tidak bisa diobati dengan antibiotik.

Cara Melakukan Pengobatan

Rendam satu siung bawang putih dalam dua sendok makan minyak zaitun selama 2 sampai 3 jam. Kemudian letakkan bawang putih hasil rendaman itu di lubang telinga. Diamkan selama semalam.

Alternatif lain, teteskan beberapa minyak bawang putih di telinga. Cara ini akan membantu mengurangi sensasi berdenyut yang biasa terjadi pada orang yang mengalami sakit telinga.

Bawang putih adalah makanan anti-inflamasi, itulah sebabnya tanaman ini bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Saat mengaplikasikannya, pastikan gendang telinga Anda tidak dalam kondisi rusak.

Nyeri akan cenderung mereda jika terjadi kerusakan parah pada gendang telinga, yang berarti rasa sakit bisa mengindikasikan bahwa gendang telinga masih utuh.

Cara Membuat Minyak Bawang Putih

Tak susah membuat minyak bawang putih. Yang Anda butuhkan hanyalah 1 siung bawang putih cincang dan 2 sendok makan minyak zaitun extra virgin.

Panaskan 2 sendok makan minyak zaitun dalam penggorengan kecil dan masukkan bawang putih cincang. Panaskan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit, sehingga minyak bisa menyerap semua manfaat dari bawang putih.

Setelah terserap sempurna, angkat penggorengan. Saring minyak ke dalam wadah kaca dan biarkan dingin.

Teteskan 2 tetes minyak bawang putih di telinga yang terinfeksi. Lakukan sekali sehari atau seperlunya.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Taruh Satu Siung Bawang Putih di Telinga, Lihat yang Akan Terjadi...