Kerokan pakai bawang merah masih dilakukan oleh beberapa orangtua saat anak demam. Mereka meyakini, anak akan cepat sembuh bila dikerok menggunakan bawang merah yang diolesi minyak telon atau baby oil.

Menurut dokter spesialis anak Meta Hanindita, bawang merah memiliki efek melebarkan pembuluh darah atau vasoliditasi. Efek tersebut bisa jadi menurunkan suhu tubuh anak yang demam.

"Tapi perlu diingat bahwa bawang merah ini bisa bersifat iritatif di kulit. Apalagi kulit anak-anak masih sensitif," kata Meta saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (12/3/2018).


Dokter yang juga aktif menulis buku tentang tumbuh kembang anak ini juga mengingatkan orangtua, prinsip dasar merawat anak yang demam adalah membuatnya nyaman. Aroma bawang merah kerap membuat banyak anak tidak nyaman.

"Nyelekit gitu kan baunya (bawang merah)," kata Meta.

Selain itu cara lain yang sering digunakan dan dipercaya dapat membantu meredakan demam pada anak adalah dengan cara melembutkan bawang merah dan memeras airnya kemudian air perasan tersebut dioleskan di telapak kaki anak dan memakaikan kaos kaki pada anak.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Kerokan Pakai Bawang Merah, Bisa Redakan Demam Anak?