Rambut rontok merupakan proses alami yang terjadi pada setiap orang. Umumnya, setiap orang mengalami kerontokan rambut hingga 100 helai per harinya. Lalu, bagaimana jika jumlah yang rontok telah melebihi jumlah tersebut dan menyebabkan rambut semakin menipis hingga kulit kepala mulai terlihat? Pasti kondisi ini membuat panik banyak orang, baik wanita maupun pria. Sebelum semakin parah, coba rawat rambut kamu dengan tips menumbuhkan rambut secara alami berikut ini!

Pijat dengan Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki banyak manfaat, termasuk salah satunya adalah untuk menumbuhkan rambut secara alami. Beberapa jenis minyak esensial yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut adalah rosemary, lavender, dan cedarwood. kamu bisa mencampurkan minyak esensial dengan carrier oil seperti grapeseed oil dan jojoba oil, lalu aplikasikan pada kulit kepala. Untuk memastikan minyak dapat terserap dengan baik, berikan sedikit pijatan pada kulit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan nutrisi hingga ke akar rambut.

Hypnotherapy

Untuk mengatasi sebuah masalah, lebih baik jika kamu mengetahui dulu apa akar dari permasalahan tersebut. Apakah kamu mengalami stres yang menyebabkan kerontokan rambut? Alopecia Areata merupakan kondisi kebotakan patchy yang disebabkan oleh stres. Hypnotheraphy dapat membantu meredakan stres yang dialami, mengurangi kerontokan rambut, sekaligus membantu menumbuhkan rambut secara alami. Melalui 3 hingga 8 sesi hipnotherapy, rambut akan kembali tumbuh pada area kulit kepala yang mengalami kebotakan.

Konsumsi Nutrisi Tertentu

Kalau kamu merasa sudah tidur dengan cukup dan tidak mengalami stres, tetapi rambut masih saja rontok, coba cek diet kamu. Selain merawat rambut dari luar, perawatan rambut dari dalam tidak kalah penting. Tubuh memerlukan beragam vitamin dan mineral yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Beberapa nutrisi yang diperlukan antara lain vitamin C, protein, omega-3 dan zat besi. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, lalu lengkapi dengan konsumsi telur, ikan, kacang-kacangan, dan alpukat.

Rawat dengan Lidah Buaya
Sebelum populer sebagai bahan utama skin care, lidah buaya sudah memiliki popularitas sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan proteolytic enzymes yang dapat membantu menyembuhkan dan memperbaiki sel yang rusak pada kulit kepala. Dengan kesehatan folikel rambut yang baik, pertumbuhan rambut pun akan menjadi lebih cepat. Untuk menggunakannya, cukup ambil gel lidah buaya alami dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Istirahatkan Rambut dari Penggunaan Hot Tools

Penggunaan hot tools pada rambut merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kerusakan rambut. Selain merusak ujung rambut, hot tools juga dapat merusak akar rambut dan berujung dengan terjadinya kerontokan rambut. Untuk sementara, istirahatkan dulu rambut kamu dari penggunaan hot tools. Dengan begitu, rambut akan kembali sehat dan mulai tumbuh kembali secara alami.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Tips Menumbuhkan Rambut Secara Alami, Coba Yuk!